Breaking

Tips Menjaga Kalung Berlian Agar Tetap Berkualitas

 


Perhiasan berlian adalah perhiasan yang paling disukai oleh para wanita. Ada beberapa jenis perhiasan yang biasanya wanita kenakan, salah satunya yaitu kalung berlian. Pada umumnya, kalung terdiri dari dua bagian yaitu rantai dan juga liontin. Baik itu rantai ataupun liontinnya bisa kehilangan keindahannya apabila tidak dirawat dengan baik. Berikut ini adalah tips menjaga kalung tetap berkualitas yang bisa Anda lakukan:

Bersihkan Kalung Secara Rutin

Tips pertama yaitu membersihkan kalung secara rutin. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara membersihkan kalung dengan berlian berbeda dari kalung biasa. Anda harus berhati-hati saat membersihkannya agar kalung tidak rusak. Gunakan alat pembersih khusus perhiasan berlian yang bisa Anda temukan di toko perhiasan. Jika Anda sering menggunakan kalung, paling tidak Anda harus membersihkannya sebanyak satu kali dalam seminggu.

Hindari Klorin

Cairan klorin merupakan cairan yang biasanya terkandung dalam air kolam renang. Anda wajib menghindari klorin jika ingin menjaga kualitas kalung berlian asli. Caranya yaitu dengan melepas kalung ketika Anda akan berenang. Klorin berbahaya untuk kalung terutama yang terbuat dari bahan emas. Pasalnya cairan tersebut akan bereaksi dan membuat emas menjadi lebih lunak. Ketika emas sebagai pengikat berlian melunak maka batu permata tersebut akan lebih mudah terlepas.

Jangan Menggunakan Kalung Saat Makeup

Bukan hanya saat berenang saja, Anda juga tidak boleh menggunakan kalung ketika sedang makeup ataupun menggunakan skincare. Produk makeup dan skincare mengandung bahan kimia sehingga bisa meninggalkan residu pada permukaan berlian. Jika dibiarkan, maka keindahan kilauan berlian pasti akan berkurang. Pakai kalung 5 hingga 10 menit setelah menggunakan makeup atau skincare.

Pisahkan dengan Perhiasan Lain

Beberapa orang menyimpan kalung dengan perhiasan berlian lainnya karena menganggap berlian tidak mudah tergores. Ya, memang benar jika berlian adalah batu keras yang tidak mudah tergores. Namun berlian bisa saja tergores apabila bergesekan dengan berlian lainnya. Selain itu, rantai kalung yang terbuat dari logam biasanya juga bisa tergores apabila bergesekan dengan perhiasan lain. Oleh sebab itu, simpan setiap kalung berharga Anda pada tempat yang berbeda-beda.

Gunakan Ketika Acara Penting Saja

Jika memiliki kalung yang sangat Anda sukai, sebaiknya gunakan di acara penting saja. Sebagai contoh saat jalan-jalan dengan pasangan, meeting penting, ke pesta, dan lain sebagainya. Semakin sering Anda menggunakannya, maka kalung akan lebih cepat kehilangan kualitasnya.

Cek Ke Toko Perhiasan Secara Berkala

Tips menjaga kalung dengan berlian tidak hanya dengan merawatnya sendiri. Anda terkadang juga membutuhkan ahli untuk menjaga kualitasnya. Bawa kalung kesayangan Anda ke toko perhiasan yang menyediakan layanan pengecekan atau reparasi. Petugas nanti akan melihat dan mengecek apakah ada tanda cacat, goresan, dan lain sebagainya pada kalung Anda. Jika ada cacat, maka mereka akan merekomendasikan perbaikan.

Asuransikan Kalung

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengasuransikan kalung. Asuransi menjaga nilai perhiasan Anda. Setiap jenis asuransi memiliki manfaat yang berbeda-beda. Jadi pilih asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah berbagai tips menjaga kalung berlian agar tetap berkualitas. Jika sudah mengetahuinya, Anda bisa menambah koleksi kalung dari Mondial Jeweler. Brand perhiasan ini menawarkan banyak sekali koleksi kalung dan juga liontin. Salah satu koleksi mewahnya adalah kalung Athena. Bentuknya unik, cantik, sekaligus mewah sehingga bisa membuat wanita yang memakainya semakin cantik. Selengkapnya mengenai koleksi kalung dari Mondial Jeweler bisa Anda lihat di www.mondialjeweler.com

No comments:

Powered by Blogger.