Breaking

Meningkatkan Brand Awareness Dengan Social Media Campaign


Suatu bisnis atau usaha akan dapat berjalan dengan lancar jika promosi dilakukan dengan tepat, baik itu promosi secara offline maupun online. Pada era digital seperti sekarang ini, metode pemasaran sebuah produk secara online di berbagai platform merupakan satu metode yang banyak dipilih oleh para pengusaha untuk mengenalkan produknya pada masyarakat. Untuk itu, Social Media Campaign diperlukan untuk kesuksesan brand dalam membangun awareness di masyarakat, yang nantinya mengarahkan mereka pada pembelian produk.


Beberapa produk terkemuka berlomba-lomba untuk menciptakan tema kampanye mereka yang akan dapat membuat banyak orang tertarik dengan produknya. Kesuksesan kampanye juga tidak terlepas dari keberhasilan social media campaign di berbagai platform media sosial untuk menjalankan kampanye nya.


Apa Itu Social Media Campaign?


Menurut Digital Logic, social media campaign adalah kegiatan pemasaran yang terarah dan tersusun untuk memperkuat informasi suatu produk melalui media sosial. Maksudnya, kampanye di media sosial ini harus memiliki target fokus dan juga indikator yang tepat.


Kampanye media sosial ini bisa dilakukan oleh siapa saja pada produknya dengan berbagai konsep dan juga tujuan. Untuk melakukan kampanye ini, Anda tentunya harus menentukan terlebih dahulu tema yang sesuai dengan produk Anda. Lalu, apa saja tujuan dari social media campaign?


Tujuan Social Media Campaign


Setiap kampanye media sosial tentu memiliki tujuannya sendiri yang dibuat berdasarkan kebutuhan spesifik suatu produk atau brand. Namun, dari berbagai tujuan yang berbeda-beda tersebut terdapat tujuan bersama dari kampanye media sosial itu sendiri. Tujuan bersama tersebut antara lain, yaitu:


menciptakan dan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen atau pelanggan


Meningkatkan brand awareness dan juga traffic website.


Meningkatkan penjualan produk


Meningkatkan keterlibatan brand secara menyeluruh


Pentingnya Social Media Campaign


Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kampanye media sosial sangat penting dilakukan dalam suatu usaha atau bisnis untuk meraih pencapaian yang maksimal.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dari kelebihan promosi secara online melalui media sosial. Berikut ini terdapat beberapa alasan untuk memilih social media campaign dalam bisnis Anda, diantaranya yaitu:


Mampu menjangkau lebih banyak konsumen


Seperti yang diketahui bersama, pada saat ini banyak konsumen yang lebih memilih untuk belanja secara online dibanding datang ke pusat perbelanjaan secara langsung.


Oleh karena itu, fenomena pergeseran kebiasaan konsumen dan market trend ini bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha dengan melakukan social media campaign. Dengan menggunakan kampanye media sosial, tentunya Anda akan dapat menjaring lebih banyak konsumen, karena banyaknya para pengguna media sosial.


Strategi pemasaran yang efektif dan efisien


Banyak para pengusaha yang lebih memilih menggunakan social media campaign karena terbukti lebih efisien dan efektif. Dengan menggunakan kampanye di media sosial biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit dibanding dengan menggunakan media konvensional. 


Misalnya, usaha rintisan baru dapat memaksimalkan kampanye media sosial  organik yang tidak memerlukan biaya. Jika Pun harus mengeluarkan biaya, umumnya hal tersebut bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki dan akan menargetkan pangsa pasar secara langsung.


Aktivitas pemasaran yang terukur dan terkontrol


Ketika menggunakan social media campaign, Anda bisa menentukan tujuan yang jelas, strategi untuk bisa mencapai tujuan tersebut, dan juga cara mengukur tingkat keberhasilan tujuan tersebut.


Saat Anda melakukan kampanye media sosial, Anda bisa mengukur tingkat keberhasilannya. Anda bisa melakukan analisa pada setiap kegiatan yang sudah Anda posting. Selain itu, Anda juga akan dapat mengetahui informasi terkait tingkat impression, engagement sampai followers yang Anda peroleh.


Itulah sekilas informasi tentang apa itu social media campaign dan manfaat yang bisa didapatkan darinya. Bagi Anda yang tertarik menggunakan jasa digital marketing untuk usaha Anda, Anda bisa bergabung dengan IDEOWORKS.id yang memiliki tim ahli yang dapat membantu usaha Anda mendapatkan pencapaian konsumen yang maksimal.

No comments:

Powered by Blogger.