Breaking

Komposisi yang Tepat untuk Membuat Semen Adukan

Material bangunan yang digunakan merupakan faktor utama yang menentukan kualitas sebuah bangunan. Komposisi bahan bangunan biasanya terdiri dari campuran semen, pasir, dan batu kerikil atau batu split. Komposisi tersebut akan lebih sempurna dan optimal jika Anda bisa menentukan perbandingan dengan tepat. Anda harus mengetahui fungsi semen adukan yang akan dibuat untuk menentukan perbandingan yang tepat. Berikut ini panduan untuk membuat adukan yang bisa Anda ikuti:

Pemasangan Bata

Tukang bangunan yang berpengalaman kebanyakan sudah tahu cara mencampur semen dan pasir yang tepat. Namun tidak sedikit juga yang mencampurnya secara sembarangan atau sesuai keinginan. Adukan untuk pemasangan bata sendiri terdiri dari dua macam yaitu campuran 1:4 dan 1:6.

Campuran 1:4 yaitu semen 1 : pasir 4 biasanya digunakan untuk pemasangan dinding bata tertutup tanah. Anda yang akan membuat kolam atau bak di tanah bisa menggunakan komposisi ini. Sedangkan campuran 1:6 atau semen 1 : pasir 6 digunakan untuk pemasangan bata di atas tanah seperti dinding rumah atau bangunan.

Plesteran Dinding

Sama seperti pemasangan bata, semen adukan untuk plesteran dinding juga dibedakan menjadi dua macam. Campuran semen yang pertama yaitu 1:4 atau semen 1 : pasir 4, biasanya digunakan untuk plesteran dinding yang berada di dalam tanah. Sedangkan campuran semen 1:6 atau semen 1 : pasir 6 digunakan untuk plesteran dinding yang ada di atas tanah. Sesuaikan saja komposisi dengan jenis pembangunan yang Anda lakukan.

Beton

Berbeda dengan pemasangan bata dan plesteran dinding, pembuatan beton terdiri dari 3 bahan yaitu semen, pasir dan batu split. Perbandingan campuran biasanya yaitu 1:2:3 di mana 1 adalah semen, 2 adalah pasir, dan 3 adalah batu split. Namun pada bangunan dengan struktur khusus perbandingan semen, pasir dan batu split yaitu 1:1,5:2,5.

Itulah komposisi semen adukan yang tepat sesuai kebutuhan pembangunan. Jangan lupa juga untuk menggunakan semen berkualitas agar hasil bangunan lebih berkualitas. Semen Tiga Roda merupakan merk pilihan yang bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan pembangunan. Tersedia beragam produk semen mulai dari portland composite cement, portland cement, white cement, oil well cement, dan lain sebagainya. Kunjungi website sementigaroda.com untuk informasi lebih lengkap mengenai produk terbaik Semen Tiga Roda.

No comments:

Powered by Blogger.