Breaking

Cara Sederhana Menggunakan Kalender Kesuburan

kalender kesuburan
Sudah sewajarnya seorang istri mengetahui kapan masa terbaik untuk berhubungan intimdengan suami berdasarkan kalender kesuburan. Tidak hanya mendukung program kehamilan saja, mengetahui masa subur pun mempunyai manfaat bagi perempuan yang sudah aktif berhubungan intim. Memperhitungkan masa subur yang paling mudah adalah mengikuti program KB alami, dengan meminimalisir potensi hamil tanpa harus mengurangi sensasi saat berhubungan intim. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tertentu karena Anda bisa memanfaatkan kalender kesuburan. 

Mengetahui hasil hitungan yang akurat Anda harus mempunyai siklus menstruasi teratur minimal 8 bulan terakhir. Bisa dikatakan jika siklus menstruasi selalu berapa dalam kurun waktu 21 hingga 35 hari. Sebagai contoh, Anda selesai mens pada tanggal 15 Oktober, maka siklus bulan depan (November) dimulai pada tanggal 6 hingga 19. Selagi jarak berada dalam kurun waktu 21 hingga 35 hari, siklus menstruasi dapat dikategorikan dengan teratur.
kalender kesuburan
Berikutnya, Anda harus menentukan jarak siklus terpendek sekitar 21 hari dan siklus terpanjang selama 35 hari. Nah, setelah mengetahui siklus terpendek dan terpanjang Anda hanya perlu menghitung masa subur menggunakan rumus berikut ini.

  • Siklus menstruasi terpendek hingga 18 hari adalah awal masa subur.


  • Siklus terpanjang hingga 11 hari merupakan akhir masa subur.

Sebagai contoh, Octa mempunyai siklus terpendek kurun waktu 28 hari, sedangkan siklus panjangnya 31 hari. Dengan demikian perhitungannya, adalah:

  • Awal masa subur: 28 – 18 hari. Hasil yang didapat adalah 10 hari sesudah menstruasi terakhir.


  • Akhir masa subur: 31 – 11 hari Hasil yang didapatkan 20 hari sesudah menstruasi terakhir.

Dari penjelasan di atas, maka masa subur Octa pada kisaran hari ke-10 hingga hari ke-20 setelah masa menstruasi berakhir. Dalam kurun waktu 10 hari, potensi kehamilan Octa relatif tinggi daripada hari lainnya.

Demikianlah penjelasan yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Tetap jaga kondisi kesehatan Anda dan kontrol dengan femometer. Sekian dari kami. Semoga berkenan dan sampai jumpa di lain waktu.

No comments:

Powered by Blogger.