Breaking

Cara Menghindari Pembengkakan Saat Cek Tagihan PDAM

Cara Menghindari Pembengkakan Saat Cek Tagihan PDAM
cek tagihan PDAM

Air PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum kini banyak digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari-harinya. Tak gratis pastinya, tiap bulannya pengguna harus membayar layanan tersebut sesuai pemakaian. Jika tak cermat, tagihan PDAM dapat menguras kantong. Kalau anda pengguna PDAM, anda akan diberikan tagihan sesuai dengan jumlah air yang anda gunakan. Meski tidak semahal tagihan listrik, jika digunakan secara berlebihan, tagihan PDAM pun dapat membengkak untuk itu cek tagihan PDAM secara berkala. Anda pasti tidak mau kan hal itu terjadi?.

Nah, untuk mengatasinya berikut tips hemat tagihan PDAM.

Tampung Air Hujan untuk Cadangan
Cara ini dapat anda lakukan terutama di tengah musim hujan seperti ini. Letakkan ember atau wadah-wadah lainnya di luar rumah, khususnya di bawah genting. Anda dapat menyimpannya dan menggunakannya untuk menyiram tanaman saat hari sedang panas-panasnya, atau untuk mencuci motor atau mobil. Jangan lupa tutup ember atau wadah tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk untuk bertelur.


Cek Tagihan PDAM
Gunakan wadah untuk mencuci piring
Anda sudah menggunakan menggunakan air sehemat mungkin tetapi saya cek tagihan PDAM, tagihannya terasa banyak mungkin anda tergolong orang terlebih daerah perkotaan pasti sudah terbiasa menggunakan wastafel untuk mencuci piring tetapi banyak orang mengatakan bahwa metode ini akan banyak membuang air. Menggunakan dua wadah untuk mencuci piring akan lebih membuat air yang dikeluarkan akan lebih terukur Meskipun tampaknya hal ini kurang praktis untuk digunakan.

Pilih kran hemat air
Keran yang menggunakan mulu sambungan berbentuk bunga akan membuat air yang keluar akan lebih efektif dan lebih deras dan dapat menghemat sekitar 30% – 50% penggunaan air. Beberapa produk dijual di banyak toko online yang ada di Indonesia, Anda dapat memilih produk yang Anda sukai.

Kalibrasi Alat Pengukur
Saat Anda telah mencatat penggunaan air dengan seksama namun tagihan anda tetap membengkak, ada baiknya untuk melakukan penyesuaian jumlah air yang keluar dengan laju pergerakan angka pada meteran (kalibrasi). Jika air yang keluar lebih sedikit dari total angka, makan segera laporkan pada petugas PDAM dan dapat cross cek tagihan PDAM. Dengan begitu, anda akan mengetahui jika ada kesalahan yang terjadi pada PDAM atau terjadi kebocoran pada rumah anda.

No comments:

Powered by Blogger.