oleh oleh garut

Modernisasi memang sangat membantu untuk perkembangan suatu daerah baik itu suatu negara, kota maupun desa terpencil sekalipun. Akan tetapi dengan banyak nya informasi yang beredar baik secara langsung maupun dengan menggunakan media teknologi sebagai aat untuk mencari infomasi, dengan begitu mudah nya banyak orang yang mualai meniru budaya barat untuk diterapkan di Indonesia khususnya di Kota Garut. 

Salah satu inovasi - inovasi yang dilakukan sesuai dengan perkembangan jaman adalah kuliner, memang kalau dilihat dari pelaung dan omset yang dijanjikan akan sangat membantu untuk perekonomian suatu daerah atau UKM.

Akan tetapi dengan banyaknya inovasi -inovasi yang diakukan, mereka dan kita semua tidak sadar bahwa secara tidak langsung kita sudah melupakan warisan yang berharga dari peninggalan nenek moyang kita. Seperti yang kita tahu sebagai contoh kita ambil makanan khas dari selatan Kota Garut yaitu Opak Bungbulang, dimana tidak setiap orang mengetahui apa itu makanan yang satu ini? 

Bahka yang paling mirisnya "mereka sampai aneh dan baru pertama kalinya tahu bahwa ada makanan seperti ini". Ini salah satu dari sekian banyak indikasi yang memberikan dampak buruk bagi budaya dan ciri khas suatu daerah.

Meskipun begitu, dengan modernisasi sekarang ini, kita bisa kembali memperkenalkan bahkan kita juga bisa membuat makanan yang satu ini banyak dikenal oleh banyak orang khususnya untuk orang - orang yang notabene nya berdomsisli orang Garut. Opak bungbulang merupakan peninggalan yang harus kita lestarikan, budayakan dan perjuangkan sehingga menjadi suatu produk yang diakui sekaligus dianggap ciri khas kota garut.

Dengan begitu, sudah saatnya kita semua untuk mengembalikan dan membudayakan sekaligus memperkenalkan budaya lokal, baik itu berupa prilaku, bahasa, makanan dan sebagainya.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top