Salah satu hal yang menyebabkan seseorang tertarik untuk memasuki dunia kerja tertentu memang dari segi penghasilannya. Siapa sih yang tak berharap mendapatkan posisi yang pas di dunia kerja dan memperoleh penghasilan tinggi, tentunya setiap prang menginginkan hal tersebut. Hanya saja tentu tak semudah yang dibayangkan. Semakin lama jumlah lowongan kerja semakin sedikit, tak sebanding dengan para pencari kerja yang membludak, hal ini menyebabkan sebagian diantaranya harus berpuas diri dulu untuk menunggu.

Dunia kerja memang erat sekali kaitannya dengan persaingan, persaingan untuk masuk dan mempertahankan atau bahkan meningkatkan jabatan. Apalagi jika sudah berbicara mengenai lowongan di instansi pemerintahan. Umumnya seseorang memang ingin hidup secara layak dengan jenis pekerjaan yang menentu dan juga gaji yang sudah tentu jumlahnya, tak heran jika tiap tahun kursi untuk menjadi PNS selalu banyak diperebutkan, bahkan tak jarang yang harus mengeluarkan uang ratusan juta rupiah hanya untuk menduduki satu kursi tersebut. Namun yang tak punya uang juga jangan risau karena masih banyak posisi lain yang bisa diisi meskipun pada instansi swasta.

Seni Menulis CV yang Tepat

Pintu awal untuk memasuki dunia kerja sebenarnya adalah hal-hal sepele seperti pengalaman, tingkatan pendidikan dan juga CV atau curriculum vitae. Mengapa CV dikatakan sebagai hal penting karena seseorang akan jauh lebih tertarik pada diri Anda jika kamu juga bisa menunjukkan apa yang menjadi kelebihan. Bukan hanya masalah bercerita, namun cerita yang menarik perhatian orang lain, tentunya bukan fiksi tetapi apa adanya. Membuat CV ternyata juga tak mudah, jangan mentang-mentang Anda adalah seorang yang senior dengan bentuk pengalaman maka lamaran seperti apapun akan diterima, justru sebaliknya tanpa ada ‘seni’ untuk memikat orang lain maka pengalaman tak ada artinya.

Nah untuk itu berikut ini kami akan berikan kiat mudah dalam menulis CV yang tepat dan mampu menarik perhatian:

● Bukan karangan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dokumen ini harus dibuat berdasarkan kenyataan, dalam artian bukan hanya mengarang bebas dan mencoba untuk meningkatkan derajat saja, mulailah dari mengenalkan diri dan menuliskan pengalaman-pengalaman apa yang di dunia kerja yang pernah dimiliki.
● Tidak bertele-tele, memang benar jika semua hal yang berkaitan dengan diri Anda dan juga pengalaman karir harus dituliskan, namun tetap harus singkat, bukan tulisan yang bertele-tele, rangkum apa saja yang kiranya penting termasuk diantaranya adalah prestasi yang pernah diraih.
● CV harus memuat beberapa unsur penting, diantaranya adalah, harus ada penjelasan mengenai latar belakang dan pengalaman kerja Anda, memuat bidang yang digeluti dan kemampuan dalam organisasi yang pernah diikuti, apa saja kemampuan atau passion yang dimiliki begitu pula pencapaian memuaskan yang pernah diraih sebelumnya.
● Desain secara menarik, paling tidak dibutuhkan 3 detik untuk bisa menarik HRD, jika dari awal kamu sudah bisa menarik perhatian maka akan menjadi nilai tambah dimata mereka.

Jadi siapa bilang membuat CV atau curriculum vitae itu mudah, ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan untuk membuat HRD menjadi terkesan, salah satu kiat efektif dalam menghadapi wawancara kerja.

Satu catatan penting bagi para pencari kerja untuk tak hanya terfokus pada satu lamaran yang sudah dikirim, andalkan juga yang lainnya, karena siapa tau satu resume yang sudah dimasukkan tak mampu menarik perhatian perusahaan. Gaji PNS memang tinggi dengan pekerjaan yang terbilang

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top