Breaking

Mengapa Lulusan Psikologi Harus Melanjutkan ke S2 Psikologi?

Grafik vektor gratis dari Otak

Menempuh pendidikan menjadi kewajiban bagi setiap orang. Bahkan menempuh jenjang kuliah menjadi salah satu pilihan banyak orang. Setiap orang memiliki cita-cita masing-masing sehingga mereka akan melanjutkan sekolah hingga jenjang S2 untuk menjadi apa yang diimpikan. Seperti halnya ketika Anda ingin menjadi psikolog, maka Anda perlu melanjutkan ke S2 Psikologi.


Mengapa harus kuliah hingga Magister? Karena ketika Anda ingin memiliki pekerjaan dengan kedudukan tinggi, maka Anda perlu belajar dan sekolah di tingkat yang paling tinggi. Lalu mengapa lulusan Psikologi perlu kuliah S2 Psikologi? Untuk mengetahuinya simak penjelasan dibawah ini.


Dapat Mengambil Peminatan


Bagi lulusan sarjana psikologi dan juga magister psikologi memiliki cukup perbedaan terkait keahliannya. Bahkan peluang kerja dari kedua lulusan tersebut juga berbeda. Ketika Anda kuliah S1 Psikologi, Anda akan belajar mengenai seluruh pelajaran psikologi. Hal tersebut membuat Anda tidak dapat fokus pada satu bidang saja.


Maka dari itu, untuk menemukan minat di bidang psikologi, Anda perlu melanjutkannya ke jenjang S2. Pada perkuliahan Magister Psikologi, Anda akan menemukan beberapa studi peminatan yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Seperti halnya Anda dapat memilih Universitas Indonesia yang memiliki banyak sekali peminatan di Magister Psikologi.


Dengan banyaknya pilihan peminatan, Anda dapat menentukan akan fokus ke bidang studi yang mana sesuai dengan keinginan. Seperti halnya Universitas Indonesia yang memiliki banyak jurusan peminatan psikologi seperti Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Psikologi Kepribadian, dan masih banyak lagi.



Menambah Pilihan Pekerjaan


Seperti yang Anda ketahui bahwa lulusan Psikologi memiliki peluang yang cukup banyak di berbagai perusahaan besar. Bahkan hampir seluruh perusahaan membutuhkan seorang psikologi untuk ditempatkan di bagian recruitment. Namun, Anda akan mendapatkan pekerjaan lebih dari hal itu ketika Anda melanjutkan ke jenjang Magister.


Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa ketika Anda memilih melanjutkan kuliah ke jenjang Magister Psikologi, Anda dapat memilih berbagai peminatan khususnya di Universitas Indonesia yang nantinya Anda akan fokus belajar pada satu materi saja. Dengan begitu Anda akan lebih menguasai materi tersebut sehingga pilihan pekerjaan Anda akan lebih banyak. Bahkan dengan mengambil Magister, Anda dapat lebih mudah membuka praktek sendiri hingga menjadi dosen.


Maka dari itu, ketika Anda ingin menjadi dosen ataupun membuka praktek psikologi sendiri Anda perlu memiliki ijazah magister yang menjadi salah satu syarat utama dalam menjadi dosen ataupun membuka praktek psikologi.


Memungkinkan Mendapatkan Jabatan dan Gaji Tinggi


Anda sendiri tentu mengetahui, bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang maka kemungkinan mendapatkan jabatan tinggi juga semakin tinggi. Hal tersebut karena orang yang memiliki pendidikan tinggi biasanya lebih memahami dan menguasai sebuah pekerjaan, sehingga mereka akan dipercaya untuk menjabat pekerjaan tertentu.


Karena tuntutan jabatan tinggi, maka tak heran jika gaji yang akan diterima juga tinggi. Maka dari itu, banyak orang melanjutkan pendidikan hingga Magister untuk mendapatkan peluang pekerjaan dengan jabatan dan juga gaji tinggi.


Terlebih lagi jika Anda seorang lulusan S1 Psikologi, maka jika Anda ingin terjun ke dunia psikologi Anda dapat melanjutkannya ke S2. Hal tersebut karena jenjang Magister Psikologi akan mendapatkan banyak peluang besar di perusahaan dengan jabatan yang tinggi dengan gaji yang besar.


Itulah beberapa alasan mengapa lulusan psikologi harus melanjutkan ke S2 Psikologi. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan peminatan Anda sendiri sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Untuk memilih Magister Psikologi terbaik, Anda juga dapat memilih Universitas Indonesia yang memiliki banyak jenis peminatan.

No comments:

Powered by Blogger.