Breaking

Cara Mencegah Gatal Pada Kucing Karena Scabies

 


Scabies merupakan salah satu masalah kulit yang bisa terjadi pada kucing akibat jenis tungau notoedres cati. Biasanya masalah kulit ini menyerang beberapa bagian tubuh kucing seperti telinga, kaki, ekor, dan lain sebagainya. Gatal pada kucing menjadi salah satu tanda penyakit scabies. Agar terhindar dari scabies, Anda harus melakukan pencegahan dengan cara berikut ini:

Jangan Terlalu Sering Dimandikan

Mungkin Anda berpikir kucing yang sering dimandikan akan semakin bersih. Padahal memandikan kucing seharusnya dilakukan secukupnya saja. Jika kucing terlalu sering mandi, maka kulitnya akan semakin kering. Hal tersebut lantaran terjadi perubahan pada kelenjar minyak kulit. Lama kelamaan kondisi kesehatan kulit akan terganggu dan memicu tungau mudah menempel di kulitnya.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Selain kebersihan kucing sendiri, penyebab scabies yang paling sering adalah kebersihan lingkungan. Oleh sebab itu, Anda wajib menjaga kebersihan lingkungan dengan baik. Bersihkan barang-barang kucing menggunakan air panas agar parasit dan kutu hilang. Bukan hanya lingkungan kucing saja, namun Anda juga harus menjaga kebersihan lingkungan rumah secara keseluruhan karena kucing pasti bermain di area rumah.



Lakukan Desinfektan Secara Rutin

Untuk memastikan kebersihan lingkungan, Anda bisa melakukan desinfektan secara rutin. Minimal dilakukan satu bulan sekali secara menyeluruh, mulai dari kandang sampai dengan mainan kucing. Gunakan cairan yang memang berfungsi untuk membunuh kuman, parasit, dan bakteri.

Ubah Makanan Kucing

Bukan hanya kebersihan kucing saja yang harus diperhatikan, makannya ternyata juga harus diperhatikan dan berpengaruh pada kesehatan kulit. Pasalnya alergi makanan menjadi salah satu pemicu terjadinya scabies. Makanan dengan kandungan lemak menjadi makanan yang baik untuk mencegah masalah kulit.

Vaksin

Langkah terakhir yang penting untuk dilakukan adalah vaksin. Konsultasikan dengan dokter hewan untuk memberikan vaksin pada anabul. Selain vaksin scabies, dokter biasanya akan merekomendasikan vaksin lain sesuai kebutuhan kucing. 

Itulah cara mencegah gatal pada kucing karena scabies. Rekomendasi makanan bergizi dan bernutrisi untuk membantu menjaga kesehatan anabul adalah Royal Canin. Makanan ini bisa disesuaikan dengan ras serta usia kucing. Lebih lengkapnya bisa dilihat pada website www.royalcanin.com. 


No comments:

Powered by Blogger.