Breaking

5 Jenis Tes Untuk Diagnosis FIP Pada Kucing

FIP (Feline Infectious Peritonitis) adalah penyakit berbahaya yang sangat sulit untuk dideteksi. Salah satu alasannya yaitu karena belum ada alat khusus yang mampu mendeteksi FIP pada kucing. Padahal deteksi dini sangat penting agar kucing bisa ditangani sebelum menyebabkan kematian. 

Meskipun begitu, tetap ada cara yang bisa dilakukan dokter hewan untuk mendiagnosis FIP. Setidaknya ada lima jenis tes yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

Tes Kit

Tes pertama dinamakan tes kit untuk mendeteksi antibodi terhadap virus corona (virus yang menyebabkan FIP) di dalam darah kucing. Namun sayangnya dibutuhkan tes lainnya untuk memberikan diagnosa. Pasalnya hasil dari test kit tidak spesifik pada penyakit FIP.

X-Rays



Melalui X-rays, dokter bisa mengetahui keberadaan cairan yang ada di paru-paru, perut, dan juga dada. Apabila ada cairan, maka dilakukan tes lanjutan untuk melihat apakah ada kemungkinan FIP basah yang berbahaya.

Complete Blood Count (CBC)

Tes selanjutnya yang dilakukan untuk mendiagnosa FIP pada kucing adalah Complete Blood Count (CBC). Apabila kucing mengalami FIP, maka akan ada kelainan pada darahnya. 

Rivalta Test

Rivalta test termasuk tes FIP khusus yang tidak selalu ada di semua klinik dokter hewan. Tes ini terbilang sederhana namun bisa membantu diagnosa FIP. Namun untuk melakukannya, harus ada cairan di bagian paru-paru, perut, atau dada kucing. Cairan tersebut digunakan sebagai sampel untuk menentukan hasil.

Biopsy

Jenis tes terakhir yang dilakukan dokter hewan jika masih ragu untuk memberikan diagnosis adalah biopsy. Biopsi mengambil sampel untuk diperiksa histologis jaringannya. Mereka yang memeriksa adalah ahli patologi di laboratorium canggih. Dengan biopsi, FIP bisa dibedakan dengan penyakit jenis lainnya.

Itulah pembahasan mengenai jenis tes untuk diagnosa FIP pada kucing. Selain mengetahui cara mendeteksinya, Anda juga perlu mengetahui makanan yang tepat. Royal Canin adalah makanan kucing bernutrisi yang menjadi pilihan tepat. Anda bisa memilih makanan Royal Canin berdasarkan usia, kebutuhan kucing, serta ras. Informasi mengenai Royal Canin dapat Anda lihat langsung pada website resmi yaitu www.royalcanin.com



No comments:

Powered by Blogger.