Breaking

Cara Baru Menilai Kualitas Kalung Berlian Mewah


Penilaian kualitas kalung berlian biasanya dilakukan dengan teknik 4C yaitu carat atau berat karat, color atau warna, clarity atau kejernihan, dan cut atau asahan. Setiap indikator memiliki skala yang mana semakin tinggi akan semakin berkualitas. Jika menginginkan kalung berlian mewah yang berkualitas, maka indikator 4C harus tinggi. Penilaian dengan 4C sendiri tersebut berdasarkan sertifikasi GIA (Gemological Institute of America).


Namun ternyata baru-baru ini ada penilaian lain yang dilakukan pada kalung berlian. Penilaian tersebut dikenal dengan nama light performance yang terpisah dari penilaian GIA. Penilaian ini memiliki beberapa keunggulan seperti nilai menjadi lebih tinggi, beda dari berlian lain, hasilnya mudah diakses, dan lain sebagainya.


Lembaga yang pertama kali berinovasi dengan penilaian light performance adalah Sarine Technology Lab. Mereka menggabungkan antara ilmu gemologi dengan AI atau kecerdasan buatan. Jadi hasil dari penilaian lebih akurat untuk menentukan karakteristik serta kualitas berlian. Setidaknya ada empat parameter yang harus terpenuhi untuk mendapatkan sertifikasi light performance. Apa saja? Berikut di antaranya:


Sparkle


Parameter light performance yang pertama adalah sparkle. Parameter satu ini menentukan kilauan berlian saat mendapatkan pantulan cahaya. Bagaimana berlian berkilau setiap kali digunakan untuk bergerak. Kualitas sparkle dipengaruhi oleh potongan berlian atau cut. 


Apabila potongan berlian dibuat secara sempurna yaitu presisi dan proporsional, maka hasilnya juga akan berkualitas. Berlian bisa menampilkan cahaya yang sangat indah meskipun sedang berada di ruangan redup. Sparkle yang tinggi membuat cahaya indah setiap kali kalung bergerak.



Light Symmetry


Simetri pada berlian sangat penting karena memengaruhi pendistribusian cahaya. Apabila simetri baik maka seluruh sisi berlian akan mendapatkan cahaya yang baik sehingga kilauan semakin indah. Beberapa hal yang menentukan simetri yaitu karakteristik unik, potongan, dan juga pola hearts and arrows. 


Heart and arrows sendiri adalah pola simetri yang memiliki bentuk hati dan panah. Pola ini dianggap lebih berkualitas dibandingkan dengan excellent symmetry. Apabila penempatan sisi berlian simetri, kalung berlian asli Anda bisa memantulkan cahaya dengan sempurna sehingga lebih indah saat dipandang.


Fire


Parameter fire pada light performance bukan ketahanan terhadap api. Namun biasan warna pelangi apabila ada cahaya yang menyentuh berlian. Fire ini berbeda dengan parameter sparkle sebelumnya. Parameter sparkle berhubungan dengan kilauan berlian asli, sementara fire adalah refleksi yang berwarna-warni. 


Berlian dengan potongan yang simetris dan ideal dapat menghasilkan pantulan atau bias cahaya yang indah. Melalui penilaian fire ini, Anda dapat menentukan warna dan kejernihan terbaik. 


Brilliance


Parameter penilaian kalung berlian terakhir dari light performance adalah brilliance. Istilah brilliance mengacu pada cahaya putih yang dihasilkan oleh berlian. Ketika sisi berlian menerima cahaya, maka akan ada pantulan yang sangat indah. 


Apabila nilai brilliance rendah, maka berlian akan terlihat lebih redup dan buram. Berlian tersebut tidak mampu memberikan pantulan cahaya putih yang baik. Ada beberapa faktor yang menentukan brilliance yaitu asahan, potongan, dan juga polesan. Jika menginginkan kalung yang indah, maka berlian Anda harus memiliki brilliance yang tinggi.


Itulah pembahasan mengenai cara menilai kualitas kalung berlian mewah. Mondial Jeweler memiliki koleksi perhiasan Mondial Excellent Cut Ultimate atau MEC Ultimate. Kualitas perhiasan tersebut melebihi GIA Triple Excellent dan light performance. Pasalnya koleksi MEC Ultimate dilengkapi dengan sertifikasi light performance, sertifikasi GIA, dan juga sertifikasi in house MEC. Sangat sempurna bukan? Koleksi perhiasan MEC Ultimate tersebut hadir dalam perhiasan Mondial Dreams. Selengkapnya mengenai koleksinya ada di website Mondial Jeweler yaitu www.mondialjeweler.com.


No comments:

Powered by Blogger.