Breaking

Investasi Reksadana Mulai Rp100 ribu Saja



Apa yang bisa kamu dapatkan dengan uang Rp100.000? Segelas kopi dengan roti pendamping? Sepotong pakaian? Saat ini uang dengan nominal tersebut bahkan terasa mudah sekali habis. Sering kali kita menyepelekannya, menukarnya dengan kesenangan sesaat. Padahal, kesadaran menabung harus dimulai sedini mungkin, salah satunya dengan memulai investasi reksadana

Belakangan ini Kesadaran akan pentingnya investasi kini sudah mulai tumbuh di kalangan masyarakat, terutama millennial. Tapi, investasi apa yang cocok bagi kamu? Investasi yang mungkin seharga segelas kopi? Mungkin investasi reksadana merupakan pilihan yang tepat untuk memulai berinvestasi.

Lalu apa itu Reksadana? Berdasarkan UU Pasar Modal No 8 tahun 1995 pasal 1 ayat 27, Reksadana adalah suatu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Reksadana ini selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk Portofolio Efek oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 



Investasi ini sering direkomendasikan bagi para investor pemula karena memiliki sifat diversifikasi risiko dan nominalnya cukup murah. Ini artinya, kamu sebagai investor kemungkinan merugi karena modal kecil sangat kecil. Investasi Reksadana juga cocok bagi kamu yang punya waktu untuk mengurus investasi. Karena nantinya dana yang sudah kamu investasikan untuk Reksadana akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah terpercaya. Tak hanya mengelola dana yang sudah kamu investasikan untuk mendapat untung besar, manajer investasi juga akan melaporkan kondisi investasi kamu secara periodik.

Lalu disaat kamu sudah menentukan untuk memulai investasi, dimana kamu harus membeli produk reksadana? Ada dua tempat dimana kamu bisa mendapatkan produk Reksadana yaitu di lembaga yang menerbitkan serta mengelola Reksadana (Manajer Investasi) dan juga di Bank-bank yang sudah mendapat izin untuk menjual Reksadana, termasuk Bank Sinarmas yang memiliki banyak produk Reksadana yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. 

Sebagai investor pemula, produk Reksadana yang paling pas untuk kamu adalah Danamas Saham dari #BankSinarmas. Banyak keuntungan ketika kamu memilih Danamas Saham sebagai langkah awal memulai investasi reksadana, contohnya adalah bebas pajak dan sifatnya likuid alias bisa dicairkan kapan saja sesuai dengan kebutuhan.

Menariknya, biaya untuk pendaftaran awal Danamas Saham ini sangat-sangat terjangkau, baik untuk kantong mahasiswa atau first jobber, hanya Rp 100 ribu saja! Dana ini nantinya akan berperan sebagai dana investasi awal kamu. Selanjutnya, jika ingin membeli unit untuk investasi lanjutan, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp100 ribu dan berlaku kelipatan. Masing-masing pembelian unit ini tanpa tambahan biaya, alias GRATIS!

Jika nantinya kamu berencana untuk melakukan penjualan unit, maka akan ada biaya penjualan kembali. Apabila dana investasimu berumur kurang dari 12 bulan, estimasi perhitungan biayanya 1,25%. Dan jika umur investasimu antara 12-24 bulan, biaya penjualannya 0,50%. Kamu bisa bebas biaya penjualan jika investasi yang dimiliki sudah berusia lebih dari 2 tahun.

Cara daftar Danamas Saham juga sangat mudah kok, cukup membawa fotokopi KTP untuk WNI atau fotokopi paspor untuk WNA. Selanjutnya kamu diminta untuk melengkapi form pembukaan rekening SAM, profil pemodal, dan pembelian unit penyertaan Reksadana.

Dengan sederet kemudahan di atas, tunggu apa lagi? Yuk, segera buka rekening #BankSinarmas via SimobiPlus dan mulai sisihkan uang tabunganmu untuk program investasi Reksadana Danamas Saham. Dengan Danamas Saham, nikmati investasi mudah dan menguntungkan di usia muda cukup dari ponselmu saja!.

No comments:

Powered by Blogger.