Breaking

Tips Mengolah Tekstur Makanan Bayi Bernutrisi



Anak-anak yang sudah berusia 6 bulan sudah bisa mengkonsumsi makanan padat sebagai makanan pelengkap ASI atau MPASI pertama. Namun, meskipun sudah bisa mengkonsumsi makanan padat, tekstur makanan bayi harus lembek agar mudah dikonsumsi. Selain itu, makanan lembek juga memudahkan si kecil agar mereka bisa menyerap nutrisi lebih baik.


Bagi Anda yang bingung mengolah makanan si kecil, maka Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena di artikel ini kami akan coba membahas tips mengolah makanan bertekstur lembek dan kaya akan nutrisi yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.


Cara Mengolah Makanan Bayi

Sebelum mengolah, pertama-tama silahkan Anda tentukan terlebih dahulu bahan makanan yang ingin Anda gunakan untuk mengolah makanan si kecil. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan konsumsi harian si kecil.


Makanan yang cocok untuk MPASI si kecil mulai dari buah-buahan, daging, sayuran, dan makanan lain yang mengandung nutrisi lengkap dan bagus untuk tumbuh kembang anak.


Mengolah makanan bayi tergolong mudah. Pertama-tama silahkan salah satu atau beberapa jenis makanan. Setelah itu, silahkan Anda olah dengan cara direbus maupun dikukus. Kecuali untuk beras merah maupun beras putih yang bisa Anda olah dengan cara dijadikan bubur.


Khusus untuk sayuran, pastikan Anda mengolahnya dengan cara yang benar, yaitu tidak terlalu mematangkan atau memanaskannya. Karena jika terlalu matang, kandungan nutrisinya akan rusak.

Namun sebaliknya, jika Anda mengolah daging, pastikan daging itu matang secara sempurna. Olah daging hingga benar-benar matang dan lembek.

Setelah dikukus atau direbus, bahan-bahan makanan Anda bisa langsung dihaluskan melalui cara manual. Selain itu, juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan blender. Pastikan Anda menghaluskannya secara sempurna agar mudah dikonsumsi oleh si kecil.






Kesimpulan

MPASI pertama merupakan makanan yang paling penting ketika si kecil sudah berusia 6 bulan. Untuk makanan pelengkap ASI pertama, tekstur yang diolah harus lembek agar mudah dikonsumsi.

Itulah informasi penting yang perlu Anda ketahui seputar tekstur makanan bayi. Bagi Anda yang tidak ingin ribet mengolahnya sendiri, kini Anda bisa memberi si kecil makanan pelengkap ASI, yaitu Cerelac dengan cara penyajian yang mudah dan kaya nutrisi.


No comments:

Powered by Blogger.