Breaking

Cara Cek Tunggakan Bayar Tagihan BPJS

bayar tagihan bpjs

Peserta dari Program Pemerintah BPJS Kesehatan selain mendapatkan manfaat berupa jaminan perawatan dan pengobatan juga memiliki kewajiban. Kewajiban tersebut adalah bayar tagihan BPJS yang dilakukan setiap bulan. Jumlah nominal yang dibayarkan juga disesuaikan dengan tingkat kelas yang diikuti peserta tersebut, yakni kelas I, II, dan III. Pembayaran layanan kesehatan ini dilakukan selambat-lambatnya tanggal 10 setiap bulannya. Sehingga mereka yang membayar lebih dari masa yang ditentukan, akan mendapatkan dampak atau konsekuensi tertentu. Biasanya berupa kerugian.

Kerugian yang dimaksud bisa jadi banyak, namun yang paling signifikan adalah dinonaktifkannya nomor peserta Anda, sehingga Anda tidak dapat memperoleh layanan dari BPJS hingga tunggakan diselesaikan.

Cara Cek Tunggakan Pembayaran Tagihan Rutin BPJS

bayar tagihan bpjs

Agar terhindar dari kerugian-kerugian yang ditimbulkan oleh tunggakan pembayaran tagihan rutin BPJS, pertama, Anda bisa memeriksanya tunggakan tagihan dengan berbagai cara di bawah ini.

Aplikasi JKN – aplikasi yang disarankan untuk dimiliki bagi peserta BPJS ini memberikan semua informasi tentang layanan BPJS bagi para pesertanya. Mulai dari informasi riwayat pembayaran tagihan, riwayat pemakaian, hingga tunggakan.

Situs web – cara kedua untuk memeriksa tunggakan pembayaran tagihan adalah dengan mengeceknya di situs web yang disediakan oleh BPJS. Peserta diminta mengisikan data untuk mengidentifikasi peserta, dan situs web akan memeriksanya di basis data terkait tunggakan tagihannya.

SMS – BPJS juga menyediakan cara untuk memeriksa tunggakan melalui SMS. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengetikkan NIK (spasi) nomor induk kependudukan (NIK) (spasi) nomor peserta BPJS Kesehatan. Pastikan data yang dimasukkan sudah benar, dan kirimkan SMS tersebut ke nomor layanan BPJS.

Cara Agar Terhindar dari Tunggakan Pembayaran Tagihan Bulanan BPJS

Menunggak pembayaran tagihan BPJS jelas akan merugikan diri sendiri, selain itu, ada juga pihak lain yang akan dirugikan dengan menunggaknya suatu pembayaran. Salah satunya kerumitan untuk mendaftarkan anggota keluarga lain ke BPJS. Namun, tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menjauhkan diri dari tunggakan pembayaran tagihan bulanan BPJS.

Mengatur alarm atau pengingat untuk bayar tagihan BPJSmenggunakan berbagai opsi pembayaran yang tersedia, seperti ATM Bank Sinarmas, SimobiPlus, Internet Banking, dan mendatangi teller bank cabang.

Menambahkan alokasi dana tersendiri untuk membayar BPJS. Hal ini dapat diterapkan jika Anda memiliki perencanaan alokasi dana bulanan Anda. Sehingga, jika dana bulanan sudah ada, Anda tidak akan melupakan pembayaran tagihan BPJS karena sudah dialokasikan dan direncanakan terlebih dahulu.

Bank Sinarmas juga menyediakan kemudahan dalam membayar tagihan BPJS melalui berbagai salurannya, mulai ATM, Teller, aplikasi SimobiPlus, dan Internet banking. Akan lebih mudah lagi bagi Anda untuk membayar tagihan BPJS dengan mengaktifkan Auto-debet sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi melewatkan pembayaran BPJS.

Dengan hadirnya berbagai kemudahan dan kenyamanan yang disediakan dalam membayar tagihan BPJS, diharapkan tidak akan ada lagi yang menunggak pembayaran BPJS. Sebab, pembayaran yang rutin akan membantu meringankan beban peserta lain yang pada saat bersamaan harus menjalani perawatan dan pengobatan dengan biaya yang tidak sedikit. Pembayaran tagihan BPJS yang rutin menggunakan aplikasi SimobiPlus atau saluran lain juga akan memberikan keuntungan ekstra bagi nasabah Bank Sinarmas.

Karenanya, mulai dengan mengecek tunggakan Anda, lalu mari hindarkan diri dari tunggakan tagihan BPJS Kesehatan denganmemanfaatkan kemudahan layanan dalam membayar tagihan BPJS Kesehatan. Melalui Teller, ATM, aplikasi SimobiPlus, maupun Internet Banking.

No comments:

Powered by Blogger.