Breaking

Tiga Manfaat Sayuran yang Penting untuk Si Kecil

Memiliki anak-anak yang bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua. Penerapan pola asuh dan pola hidup yang sehat menjadi kunci utama seorang anak bisa tumbuh sesuai dengan apa yang diinginkan orang tuanya. Salah satu permasalahan yang tidak jarang dihadapi oleh setiap orang tua adalah masalah nafsu makan anak-anak. Anak-anak khususnya yang sudah terlihat dewasa seringkali menjadi sulit untuk makan bahkan cenderung memilih menu makanan yang akan mereka konsumsi. 


Salah satu bahan makanan yang tidak jarang sering ditolak oleh setiap anak adalah sayuran. Padahal seperti yang telah kita ketahui Manfaat sayuran sangat besar bagi kesehatan dan mampu menunjang proses pertumbuhan serta perkembangan pada anak-anak.


Ada 3 macam Manfaat sayuran yang perlu diketahui oleh setiap orang tua sehingga bisa memotivasi mereka agar mampu menjadikan buah hatinya makanan yang memiliki bahan dasar sayuran. Manfaat pertama adalah mampu mengembangkan kecerdasan otak anak. 


Sayuran memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan akan tetapi juga mampu mengembangkan kecerdasan otak agar lebih cerdas. Anak-anak yang berusia 1 hingga 5 tahun menjadi masa yang penting untuk mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap agar kecerdasan mereka terbentuk dengan sempurna.


Manfaat sayuran yang kedua adalah mampu menjaga kesehatan organ pencernaan anak. Kandungan serat yang cukup tinggi di dalam sayuran akan membuat organ pencernaan anak menjadi lebih sehat dan terlindungi dari masalah dan gangguan kesehatan. Anak-anak yang rutin mengkonsumsi sayuran tidak akan memiliki masalah sulit bab maupun diare.


Konsumsi yang cukup dari sayuran juga akan mengurangi resiko konstipasi yang sering terjadi pada organ pencernaan. Manfaat ketiga dari konsumsi sayuran yang teratur adalah mengurangi resiko timbulnya masalah obesitas pada anak. Anak-anak yang enggan mengkonsumsi sayuran dan lebih menyukai makanan dengan rasa manis dan gurih akan beresiko mengalami masalah kelebihan berat badan atau obesitas. Sayuran yang memiliki kandungan serat cukup tinggi akan membuat nafsu makan anak menjadi berkurang meskipun dengan jumlah kalori yang rendah.


No comments:

Powered by Blogger.