Kehamilan merupakan momen yang sangat dinantikan bagi mereka yang memang sedang mendambakan kehadiran seorang anak, sehingga apapun akan dilakukan untuk menjaga kesehatan janin agar tumbuh dan berkembang secara baik sesuai dengan tahapan usianya. Meskipun begitu masih banyak para Ibu hamil yang keliru dalam usia kehamilan, dan terkadang tidak sesuai dengan pemeriksaan USG yang dilakukan di dokter kandungan. Kondisi tersebut memang tidak membahayakan, namun dapat disebabkan dengan oleh beberapa hal salah satunya banyak dari Ibu hamil yang lupa kapan terakhir mereka menstruasi. Nah, untuk solusinya, kami akan memberikan uraian mengenai cara menghitung usia kehamilan dalam minggu dengan dua cara berikut ini.

1. Sistem Fundus Uteri

Anda yang sedang hamil dan ingin mengetahui usia kehamilan dalam minggunya, dapat mencoba cara menggunakan sistem fundus uteri. Sistem tersebut dapat dilakukan dengan cara meraba bagian rahim terutama pada bagian yang terasa menonjol. Cara tersebut juga banyak dilakukan oleh para bidan saat memeriksa kandungan anda, khususnya untuk mengetahui usia kehamilan perminggunya. Agar lebih aman, sebaiknya anda melakukan metode ini bersama bidan atau dokter kandungan yaitu dengan menghitung mulai dari tulang kemaluan, di mana jarak tulang tersebut sampai pada puncak rahim atau fundus uteri sekitar 28cm. Kondisi tersebut dapat dikatakan usia kehamilan sudah memasuki 28 minggu.

2. Mendeteksi Gerakan Janin

Mendeteksi gerakan janin juga dapat menjadi metode mudah yang dapat anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan dalam minggu. Cara ini memiliki keakurasian hingga 100%, jika anda sudah merasakan adanya gerakan janin di dalam perut, diperkirakan usia kandungan anda berada pada 18 minggu.

Demikian dua cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mengetahui usia kehamilan dalam minggu. Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu tersebut sebaiknya dilakukan dengan disertai pengawasan dari bidan atau dokter kandungan agar lebih aman, dan memperoleh tingkat keakuratan yang tinggi. Dengan begitu, anda pun dapat mengetahui kondisi pasti berapa usia kehamilan anda saat ini, sehingga dapat mempersiapkan diri baik mental maupun fisik yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan serta untuk persiapan menuju persalinan.

Posting Komentar

digipat.net 2015. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top