You are what you eat.’ Ungkapan tersebut tentu mampu menggambarkan kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari pola makan Anda. Pola makan yang sehat akan membuat Anda hidup dengan sehat dan bersemangat. Sementara pola makan yang kurang sehat justru bisa membuat Anda jadi rentan terserang beberapa jenis-jenis penyakit .

Memiliki sistem pencernaan yang sehat tentu turut mempengaruhi kesehatan organ tubuh Anda yang lain. Sistem pencernaan yang sehat butuh asupan nutrisi yang bergizi setiap hari, termasuk asupan probiotik.

Apa itu Probiotik?
Probiotik bisa dikategorikan sebagai mikroorganisme berupa bakteri baik yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan pada tubuh. Kandungan probiotik yang terdapat pada aneka makanan atau suplemen biasanya memiliki kesamaan karakter dengan probiotik yang terdapat pada sistem pencernaan tubuh, khususnya pada organ usus. Beberapa probiotik alami yang terdapat pada organ usus adalah Saccharomyces Boulardii, Lactobacillus, dan Bifidobacterium.

Manfaat Apa Saja yang Diperoleh dari Probiotik?
Bukan cuma sekedar bermanfaat bagi sistem pencernaan tubuh, probiotik juga bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Kehadiran probiotik akan membantu melawan bakteri sumber penyakit yang bisa menyebabkan infeksi atau peradangan pada organ-organ tubuh. Selain itu, probiotik yang dikonsumsi dari makanan atau suplemen juga berperan untuk menggantikan probiotik dalam tubuh yang hilang karena konsumsi antibiotik. Dengan demikian keseimbangan daya tahan tubuh tetap terjaga berkat kehadiran probiotik sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

Makanan yang Mengandung Probiotik
Tidak hanya sehat, makanan yang mengandung probiotik biasanya juga memiliki citarasa yang tidak kalah lezat dengan jenis makanan lainnya. Anda bisa memperoleh asupan probiotik dengan mengonsumsi aneka bahan makanan seperti susu kedelai, tempe, miso, olahan susu (yang difermentasi dan yang tidak difermentasi), keju dengan tekstur lembut (soft cheese), kimchi, kefir (produk olahan hasil fermentasi susu), dan teh kombucha.

Teliti Memilih Produk Makanan Probotik
Walaupun bermanfaat untuk kesehatan tubuh, Anda harus tetap cermat dalam memilih dan mengonsumsi aneka produk makanan dengan kandungan probiotik. Tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan dokter ataupun ahli kesehatan mengenai jenis makanan mengandung probiotik yang cocok dengan kondisi kesehatan Anda dan keluarga. Sebab mengonsumsi produk makanan probiotik secara berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti diare, perut kembung atau alergi.

Jangan mengkhawatirkan kesehatan yang ingin Anda dan keluarga raih di masa depan. Karena investasi kesehatan Anda akan berbuah manis jika rajin menjalankan pola hidup sehat dari detik ini juga. Menunda konsumsi makanan yang mengandung probiotik hanya akan membuat Anda sekeluarga terlambat merasakan manfaat sehatnya dan rentan terhadap jenis-jenis penyakit ringan maupun kronis.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top