Pernahkah Anda mendengar istilah cloud computing? Sebetulnya mungkin Anda sudah pernah, hanya saja Anda tidak menyadarinya. Sistem ini secara sederhananya merupakan penggabungan dua teknologi, yaitu komputasi (komputer), lalu dikembangkan dengan basis internet alias awan. Informasi tersimpan permanen di server, dan hanya sementara di komputer user. Namun Anda bisa sewaktu-waktu mengaksesnya lagi selama ada koneksi internet.

Apakah Anda pernah menggunakan fasilitas email? Hal ini sebenarnya sudah termasuk ke dalam teknologi komputasi awan. Adapun layanan yang diberikan adalah :

1. Infrastructure as a Service (IaaS)
Menyediakan infrastruktur seperti CPU dan RAM, sebagai komputer virtual. Menggunakan sistem ini, Anda tidak perlu membeli komputer fisik, dan bisa di-upgrade kapan saja.
2. Platform as a Service (PaaS)
Menyediakan komputasi platform, di mana sudah ada OS, web server, database, dll. sehingga bisa menjalankan aplikasi. Penyedia jasa yang bertanggung jawab untuk maintenance.
3. Software as a Service (SaaS)
Layanan ini memungkinkan Anda langsung menggunakan aplikasi. Contoh populer adalah email dan sosial media. Anda tidak perlu lisensi, hanya koneksi ke internet.

Melihat layanan tersebut, bisa dilihat bahwa sebenarnya Anda sudah sering memanfaatkan cloud computing dalam kehidupan Anda. Namun jika Anda adalah seorang pebisnis yang memang ingin berbisnis lebih serius dan sering mobile, maka Infyniscloud bisa menjadi solusi Anda dalam hal komputasi yang ada di awan ini. Menggunakan server yang tersedia, Anda bisa memilih server berbiaya rendah dengan kualitas setara server fisik.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top