Breaking

Mengenal Box MCB Listrik Mulai dari Fungsi dan Manfaatnya



Miniature Circuit Breaker atau yang kita kenal MCB, merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pemutus arus listrik jika terjadi arus berlebih atau hubungan pendek arus listrik, atau yang dikenal dengan istilah short circuit. Box MCB listrik pada dasarnya memiliki fungsi utama untuk memutus arus listrik agar bisa melindungi perangkat elektronik dan mencegah timbulnya api.

Alat tersebut juga memiliki fungsi yang cukup luas dalam ranah kelistrikan. Bagi Anda yang ingin tahu fungsi dan juga bagaimana cara kerjanya, kami akan coba menjelaskannya di artikel ini sedetail mungkin.

Cara Kerja MCB Listrik

Box MCB pada dasarnya memiliki fungsi sebagai penutup dari MCB. Sedangkan MCB sendiri merupakan sebuah perangkat yang menggunakan prinsip bimetal yang jika terkena arus listrik berlebih akan memanas dan melengkung.

Salah satu yang paling populer yaitu MCB PLN yang biasa ada di rumah-rumah di seluruh Indonesia. Jika Anda perhatikan, MCB listrik ini dipasang pada bagian bawah meteran listrik PLN (KWH meter) dan kotak MCB di dalam rumah.

Umumnya pemasangan MCB akan tersegel dan tidak boleh dibongkar atau diganti. Penggantian MCB sama halnya dengan tindakan yang ilegal dan melanggar hukum, karena hanya petugas PLN resmi yang boleh menggantinya.

Sementara itu, Box MCB yang berfungsi sebagai penutup atau pelindungnya bisa Anda ganti jika ada kerusakan, atau jika ingin mengganti menggunakan box yang lebih bagus.

Fungsi MCB Listrik di Dalam Rumah

Box MCB biasanya digunakan untuk membagi arus listrik yang bisa biasa digunakan di setiap bagian rumah. Sebagai informasi, MCB juga bisa menjadi sumber permasalahan kelistrikan di dalam rumah seperti mengisolir.

MCB juga bisa Anda gunakan sebagai saklar ketika melakukan instalasi atau perbaikan kelistrikan. Dengan begitu, saat Anda memperbaiki kelistrikan, Anda tidak harus mematikan listrik secara keseluruhan.

Tipe-Tipe MCB yang Harus Dikenali

MCB sendiri terbagi menjadi beberapa tipe. Setiap tipe memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut ini kami juga sudah merangkum tipe-tipenya dan juga spesifikasi dari setiap tipe masing-masing.

  • MCB Tipe B: memiliki spesifikasi nominal arus trip 3 hingga 5 kali dari arus maksimum yang tertulis pada MCB. Tipe B umumnya digunakan di perumahan dan industri yang berskala kecil atau ringan.

  • MCB Tipe C: Memiliki nominal arus trip 5 hingga 10 kali. MCB tipe ini digunakan untuk lampu penerangan Gedung, alat listrik / motor listrik ukuran kecil, dan juga jenis industri skala menengah

  • MCB Tipe D: Memiliki nominal arus trip 10 hingga 25 kali. Tipe ini biasa digunakan untuk peralatan listrik yang menghasilkan lonjakan arus tinggi seperti mesin X-Ray, mesin las, motor listrik ukuran besar, dan sejenisnya.

  • MCB Tipe K:  Memiliki nominal arus trip 8 hingga 12 kali.  Tipe ini biasanya digunakan untuk memproteksi beban listrik yang menyebabkan lonjakan arus listrik tinggi namun singkat (400 milidetik – 2 detik).

  • MCB Tipe Z: Memiliki nominal arus trip 2 hingga 3 kali. Biasanya digunakan untuk memproteksi beban listrik yang menyebabkan lonjakan arus listrik tinggi dengan periode sampai dengan 10 detik.

Rekomendasi Box MCB Listrik

Sedang mencari Box MCB yang bagus dan berkualitas? Kini Anda bisa mendapatkannya di se.com. Di sini Anda bisa mendapatkan produk Box MCB-Domae yang punya kualitas bagus dan juga terjamin.

Se.com menyediakan berbagai perangkat kelistrikan, salah satunya yaitu box MCB listrik yang bisa Anda dapatkan secara online dengan harga bersaing.

No comments:

Powered by Blogger.