Breaking

5 Kriteria Mainan Anak yang Ideal untuk Si Kecil

 

Setiap hari anak akan selalu menyempatkan waktunya bermain bersama mainannya. Hal tersebut wajar karena bermain masih menjadi aktivitas paling menyenangkan untuk mereka. Sebagai orang tua, Anda harus bisa memilihkan mainan anak yang ideal. Mainan tersebut harus mampu membantu meningkatkan kemampuan dan kecerdasannya.

Kriteria Mainan Anak yang Ideal

Berikut ini adalah beberapa kriteria mainan yang bisa Anda pilih:

1. Mengasah Perkembangan Fisik

Mainan yang ideal adalah mainan yang seimbang antara virtual dan fisik. Tujuannya agar kemampuan dan perkembangan fisik anak meningkat. Misalnya koordinasi motorik seperti melompat, berlari, memanjat, mengayuh, dan lain sebagainya. Sedangkan motorik halus bisa dikembangkan dengan konstruksi bangunan sendiri. 

2. Mengasah Kemampuan Kognitif

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh cerdas dan pintar. Cara mengasah kemampuan kognitif bisa dilakukan melalui mainan-mainan tertentu. Salah satunya yaitu puzzle yang sangat populer. Mainan satu ini bisa membantu mengasah kemampuan pemecahan masalah.

3. Mengasah Kemampuan Bahasa

Mainan yang mengharuskan anak banyak berinteraksi merupakan mainan yang bisa mengasah kemampuan bahasa. Beberapa contoh yang paling populer yaitu bermain peran, tebak kata, dan lain sebagainya. Selain mainan-mainan tersebut, Anda juga bisa mengajak Si Kecil mengobrol untuk mengembangkan kemampuan berbahasanya.

4. Melatih Emosi

Memilih mainan yang tepat juga bisa membantu melatih emosi anak. Perlu Anda ketahui bahwa akan lebih baik jika anak mampu melatih emosinya sejak dini. Permainan seperti puzzle tidak hanya melatih kecerdasan saja, tapi juga bisa melatih emosi. Anak belajar mengendalikan emosinya sampai permainan selesai.

5. Melatih Sosialisasi

Kriteria mainan ideal yang terakhir yaitu mampu melatih kemampuan sosialisasi. Manusia adalah makhluk sosial sehingga anak harus belajar bersosialisasi sejak dini. Mainan yang bisa dimainkan secara kelompok membantu melatih sosialisasi. Ajak teman-temannya untuk bersama-sama bermain permainan tersebut. 

Sudah paham bukan bahwa mainan anak harus yang menyenangkan dan edukatif? Anda bisa mendapatkan mainan gratis untuk Si Kecil dengan membeli Kinder Joy. Di dalam kemasan camilan ini berisi mainan yang sangat beragam. Koneksikan dengan aplikasi Applaydu agar mainan hidup. Coba beli Kinder Joy untuk merasakan sensasi permainan yang seru dan edukatif!


No comments:

Powered by Blogger.