Breaking

Panduan Senam Kegel yang Efektif untuk Ibu Hamil



Senam merupakan serangkaian latihan yang dirancang khusus untuk menguatkan otot pada dasar panggul, senam kegel memiliki manfaat besar bagi ibu hamil. Menguatkan otot otot panggul dapat membantu mengatasi beberapa masalah yang sering dialami selama kehamilan, seperti inkontinensia urin dan persiapan untuk persalinan. Namun, penting untuk melakukan senam ini dengan benar dan aman. 


Berikut ini adalah langkah langkahnya:


1. Identifikasi Otot dengan Tepat


Sebelum Anda dapat memulai senam ini, Anda perlu mengidentifikasi otot dasar panggul yang benar. Cara paling sederhana untuk melakukannya adalah saat Anda buang air kecil, cobalah untuk menghentikan aliran urine secara tiba tiba, otot yang Anda rasakan bekerja untuk menghentikan aliran urine maka itulah otot yang harus Anda latih. 


2. Temukan Posisi yang Nyaman


Senam Kegel dapat dilakukan dalam berbagai posisi, termasuk duduk, berbaring maupun berdiri. Pilih posisi yang paling nyaman menurut Anda, akan tetapi beberapa wanita merasa lebih mudah melakukan latihan ini saat berbaring, sementara yang lain mungkin lebih suka dengan cara sambil duduk. 


3. Kendalikan Pernapasan


Pernapasan yang baik adalah bernafas perlahan dan dalam, saat Anda mengencangkan otot panggul, tarik napas dalam dalam melalui hidung dan ketika Anda melepaskan otot, hembuskan nafas perlahan melalui mulut, hindari menahan napas selama latihan.


4. Latihan Kontraksi


Setelah mengidentifikasi otot dasar panggul yang benar dan menemukan posisi yang nyaman, saatnya untuk latihan kontraksi. Kontraksikan otot otot panggul Anda seperti saat Anda menghentikan aliran urine, lalu rasakan kontraksi ini selama 3 5 detik, lalu lepaskan perlahan. Ulangi cara ini sebanyak 10 15 kali.


Senam ini merupakan latihan yang sederhana namun sangat efektif untuk menguatkan otot panggul selama kehamilan., lakukan secara baik dan rutin untuk mendapatkan manfaat dari senam kegel ini.


Jangan lupakan juga persiapan pasca persalinan nanti untuk si Kecil, salah satunya mempersiapkan popok bayi terbaik, rekomendasi kami adalah popok bayi dari MAKUKU Air Diapers, yang mana merupakan pampers anti bocor dengan daya serap tinggi yang mampu mengurangi ruam popok pada bayi.

No comments:

Powered by Blogger.