Breaking

Inilah Niche Market Terbesar di Indonesia

Niche market merupakan segmen pasar atau target pasar yang spesifik dari bagian pasar yang sangat luas. Contohnya adalah pemasaran sebuah tas yang memiliki segmentasi pasar yang berbeda-beda. Ada tas yang ditujukan untuk anak sekolah, kolektor barang mahal, pekerja, dan lain sebagainya. Anda perlu mengetahui niche market terbesar di Indonesia saat menjalankan sebuah bisnis. 


Menentukan niche market sangat penting karena berbagai manfaatnya. Adapun manfaatnya tersebut yaitu spesialisasi produk, mempersempit persaingan, mencapai target audiens, pengaturan harga yang mudah, dan lain sebagainya. Agar lebih paham mengenai niche market, berikut adalah beberapa niche market di Indonesia:


Kesehatan dan Kebugaran


Semua orang saat ini sudah sadar akan pentingnya kesehatan dan kebugaran. Kedua hal ini identik dengan usaha untuk menjaga tubuh, pikiran, serta jiwa agar selaras. Peluang produk dari niche market satu ini tidak terbatas mulai dari perawatan pribadi, kecantikan, makanan dan minuman, kesehatan kulit, dan lain sebagainya.



Konsumen yang Berkesadaran


Konsumen yang berkesadaran semakin banyak akhir-akhir ini. Berdasarkan survei IBM, setidaknya ada 6 dari 10 konsumen yang mau mengubah kebiasaannya berbelanja demi mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Konsumen berkesadaran ini membuka peluang terhadap produk-produk yang ramah lingkungan. Sebagai contoh yaitu sedotan bambu yang bisa diubah ulang, menstrual cup yang tidak perlu membuang limbah, dan lain sebagainya.


Wisatawan


Berwisata menjadi salah satu hobi yang dimiliki oleh banyak orang. Seiring perkembangan zaman, wisatawan mulai sadar akan pentingnya lingkungan dalam berwisata. Bahkan banyak di antara wisatawan yang mencari opsi wisata ramah lingkungan namun masih belum menemukannya. Selain itu, mereka juga mencari hal-hal yang bisa meningkatkan pengalaman berwisata. Produk dari niche market ini yaitu pakaian yang nyaman untuk berwisata, produk sunblock, aksesoris ponsel, dan lain-lain.


Pemilik Hewan Peliharaan


Sekarang banyak sekali orang yang suka memelihara hewan seperti anjing, kucing, dan lain sebagainya. Niche market satu ini bisa dikategorikan lagi lebih rinci misalnya jenis hewan dan gaya hidup pemilik. Beberapa produk yang dijual yaitu makanan hewan, aksesoris untuk hewan, kandangan, dan lain sebagainya.


Penggemar Artis


Niche market terbesar selanjutnya adalah penggemar artis. Biasanya para fans loyal bersedia membeli apa saja yang berhubungan dengan artis yang disukai. Saat ini pasar penggemar artis yang paling ramai adalah KPOP. Beberapa produk yang bisa dipilih yaitu album, merchandise, jasa titip, dan lain sebagainya.


Pekerja Remote


Remote merupakan istilah untuk pekerja yang bekerja dari jarak jauh. Istilah sederhananya adalah WFH atau work from home. Saat ini pekerjaan jarak jauh sudah banyak sekali. Biasanya di bidang kreatif, marketing, atau IT. Adapun produk yang bisa mendukung niche market satu ini yaitu laptop, webcam, tempat kerja, dan lain sebagainya.


Gamers


Gamers jumlahnya sangat banyak sekali. Bahkan ada miliaran gamers aktif yang tersebar di seluruh dunia. Mereka yang hobi bermain game rela mengeluarkan banyak uang demi hobinya, sama seperti penggemar artis. Adapun produk untuk niche ini seperti komputer, kursi, keyboard gaming, dan lain sebagainya.


Itulah beberapa niche market terbesar di Indonesia. Apakah Anda bisa memahami pengertian niche market melalui pembahasan tersebut? Menentukan niche market tidak boleh sembarangan. Anda bisa meminta bantuan dari agensi yang berpengalaman seperti IDEOWORKS. 


Mereka akan membantu menganalisis pasar untuk mencapai tujuan perusahaan dengan strategi yang tepat. IDEOWORKS adalah agensi digital yang menawarkan layanan pemasaran lengkap. Sebelum menggunakan jasanya, Anda bisa melakukan diskusi dengan tim terlebih dahulu. Informasi mengenai IDEOWORKS ada di website www.ideoworks.id. 


No comments:

Powered by Blogger.