Breaking

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak Sesuai Anjuran Dokter

Sakit perut merupakan salah satu penyakit yang sering menimpa anak-anak. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya cara mengatasi sakit perut pada anak sendiri tergolong mudah. Nah, di sini kami akan coba jelaskan berbagai cara mengatasinya sesuai dengan anjuran dokter yang mudah sekali untuk Anda lakukan sendiri di rumah.


Cara Mengatasi Sakit Perut Anak-Anak


Rawat si kecil di rumah sebelum Anda membawanya ke dokter. Lakukan pengobatan di rumah jika si kecil mengalami sakit perut ringan tanpa adanya gejala yang lain. Cara merawatnya adalah dengan memberi si kecil air putih dan air kaldu.


Hindari minuman-minuman yang mengandung pemanis. Selain itu, hindari juga minuman-minuman yang mengandung kafein dan juga minuman soda.


Jika sakit perut anak menunjukan gejala konstipasi atau susah buang air besar, makan penanganannya harus lebih ekstra. Jika kondisinya merambah ke konstipasi, maka selanjutnya silahkan Anda memberi mereka makanan dan minuman yang tinggi akan kandungan serat.



Selain itu, Anda juga bisa memberi mereka susu, yaitu jenis susu yang juga kaya akan serat. Saat ini cukup banyak produk susu yang bagus untuk kesehatan pencernaan anak dan mengandung serat.


Jika konstipasi dan sakit perut berlangsung lama, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Nantinya dokter akan menangani si kecil untuk menyesuaikan jenis obat yang cocok dengan kondisi si kecil.


Di lain sisi, mencegah sakit perut juga bisa dengan mengubah pola makan si kecil. Pastikan Anda mencegah beberapa jenis makanan, seperti makanan pedas, gorengan, dan makanan-makanan yang mengandung minyak yang tinggi.


Sebaliknya, pilihlah makanan-makanan yang membuat perut si kecil nyaman. Contoh makanan yang cocok seperti roti bakar, nasi, biskuit, dan lainnya.


Pastikan juga si kecil istirahat dengan cukup, kemudian memberi mereka obat yang sudah Anda konsultasikan dengan dokter. Cukup banyak obat-obat di apotik yang bisa meredakan rasa sakit perut si kecil.


Jika sakit perut tidak membaik dalam kurun waktu 24 jam, sebaiknya Anda langsung hubungi dokter. Terutama jika sakit perut tersebut disertai dengan beberapa gejala lain sebagai berikut:


  • Diare
  • Sesak napas
  • Perut tegang atau mengeras
  • Sakit perut yang disertai dengan demam yang tinggi
  • Berbagai Sakit Perut yang Harus Diwaspadai

Ada cukup banyak kondisi sakit perut yang harus Anda waspadai sebagai orangtua. Nah, berikut ini kami sudah merangkum jenis sakit perut apa saja yang harus segera mendapatkan penanganan dari dokter:


  • Sakit perut yang disertai dengan keinginan menggosok-gosok perut bagian kanan bawah si kecil. Karena sakit perut ini bisa saja terjadi akibat usus buntu.
  • Sakit perut yang terjadi dalam kurun waktu 24 jam tanpa reda dan rasa sakit yang tidak kunjung hilang.
  • Rasa sakit perut yang juga disertai dengan muntah selama 24 jam. Muntahan pada sakit perut si kecil biasanya berwarna kuning atau hijau. Kondisi ini juga sering terjadi pada anak yang usianya masih kecil.
  • Sakit perut yang disertai dengan muntah darah atau muntah yang warnanya gelap.
  • Sakit perut yang disertai dengan diare dan diare si kecil disertai juga dengan darah.
  • Sakit perut yang disertai dengan demam yang tinggi.
  • Sakit perut anak yang disertai dengan buang air kecil dan terasa sakit dalam waktu yang cukup intens.
  • Sakit perut anak laki-laki yang timbul dari bagian testis.
  • Sakit perut yang disertai ruam pada kulit si kecil.

Itulah berbagai cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Namun, ketahui kondisi tertentu kapan si kecil harus dibawa ke dokter.

No comments:

Powered by Blogger.