Penanganan Diare Pada Anak

Diare atau sering disebut mencret adalah penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan. Jika tidak mendapatkan penanganan secara langsung, diare bisa menyebabkan kematian. Hal tersebut dikarenakan tubuh kehilangan cairan akibat diare. Mencret bisa bisa saja menyerang siapapun orang dewasa bahkan anak kecil juga bisa mengalaminya. 

Diare pada anak biasanya membuat orang tua gelisah dan pastinya ingin buah hati cepat sembuh dan kembali ceria seperti sebelumnya. Berikut ini Dancow yang merupakan perusahaan yang memberikan beberapa tips mengenai kesehatan buah hati akan memberikan informasi mengenai diare dan cara mengobatinya.

Sebagai orangtua pastinya tidak ingin buah hatinya mengalami diare, untuk bisa mengantisipasi buah hati anda mengalami diare pada anak, maka anda harus mengetahui penyebabnya. Untuk penyebab yang pertama yaitu pengolahan makanan yang akan dikonsumsi buah hati anda belum matang. Kemudian kebiasaan buah hati anda yang sering memasukkan jari tangan ke dalam mulut. 

Hal tersebut biasanya terjadi ketika buah hati berusia beberapa bulan. Untuk mengantisipasinya yaitu jaga kebersihan tangan buah hati dengan cara rajin mencucinya dan juga rajin memotong kuku. Penyebab lainnya yaitu buah hati sering memasukkan mainan yang dipegangnya ke dalam mulut. Dan juga terdapat beberapa penyebab lainnya.

Untuk mengobati diare pada anak, maka anda sebagai orangtua bisa memberikan oralit. Anda bisa membeli oralit di apotek-apotek ataupun juga anda bisa membuat oralit sendiri. Untuk bisa membuat oralit pertama-tama anda siapkan segelas air matang, selanjutnya 2 sendok teh gula pasir dan juga ½ sendok teh garam dapur. 

Masukkan garam dapur dan juga gula pasir ke dalam air, selanjutnya aduk-aduk sampai garam dan gula larut. Berikan obat diare ini ke buah hati anda dengan cara meminumkannya. Apabila buah hati usianya kurang dari 2 tahun, maka berikan oralit setelah 3 jam buah hati anda mengalami oralit. Berikan oralit sebanyak 1 ½ gelas. 

Selanjutnya untuk anak usia 1-4 tahun, berikan oralit 3 gelas. Dan untuk anak yang berusia 5-12 tahun, berikan oralit sebanyak 6 gelas. Jika diare masih terjadi, maka anda bisa membawa buah hati ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Post a Comment

digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top