Cara mendidik anak usia 3 tahun itu akan sangat berbeda dengan anak remaja atau dewasa, sebab anda akan dihadapkan dengan berbagai hal yang mengharuskan ekstra sabar. Dan dengan kesabaran ini anda akan menghasilkan anak yang baik, jadi bila anda ingin menjadikan anak anda baik didiklah dengan baik juga. Masa usia anak 3 tahun adalah waktu yang berharga untuk dijadikan sebagai masa mendidik. Sebenarnya di sisi masa keemasan ini dan kenapa harus sabar dalam mendidiknya karena pada masa ini anak sangat egois (ingin menang sendiri), susah diatur, keras kepala dan tempramental.


Cara mendidik anak yang baik dan benar itu bisa dilakukan dengan berbagai hal diantaranya:
Pertama, Lembutlah kepada sang anak.

Cara mendidik anak usia anak 3 tahun yang pertama adalah berlaku lembut kepada anak atas sesuatu yang telah dilakukan anak, misalnya anda merasa marah ketika anak anda mencorat coret tembok, maka anda harus tetap lembut dan sabar memberikan pengarahan dan penerangan kepada anak. Dengan ini, anak tidak akan merasa bersalah dan juga akan sangat efektif dalam memberikan faham.

Kedua, Dengarkan semua yang diucapkannya. Ketika anak bercerita tentang sesuatu apapun maka anda jangan memotong menentang bahkan tidak menengarkannya, sebab ini adalah upaya anak untuk mengungkapkan dan upaya anak menjadi anak yang bisa bersosialisasi.

Ketiga, Berikan sarana atau alat bermain edukatif. Dengan alat bermain edukatif, anak akan senang dan sekaligus bisa membangun kreatifitas dan merangsang kepintaran anak. Jadi biarkan anak bermain dengan alat ini, anda bisa mendapatkannya di tempat khusus.

Keempat, jangan menekan keinginan orang tua. Ada banyak anak yang merasa tidak berguna di lingkungan kita, ini adalah fenomena salahnya orang tua mendidik anak pada masa kecilnya dengan menekan dan mengharuskan keinginan orang tua dituruti anak padahal anak tidak suka. Kita selaku orang tua harus rajin memberikan susu dancow kepada anak dan kalau bisa kita harus memberikannya setiap pagi karena akan sangat berpengaruh positif.

Kelima, Berikan pengajaran tentang tanggung jawab. Cara mendidik anak usia 3 tahun selanjutnya yaitu memberikan ajaran bagaimana anak harus bertanggung jawab atas sesuatu yang telah diperbuatnya. Misalnya anak, memberantakkan alat tulis atau yang lainnya orang tua yang baik harus memberikan contoh dan memberikan penjelasan secara lembut tentang arti tanggung jawab, sehingga yang berserakan itu anda ambil dan rapikan di depan anak.
digipat.net 2015. Powered by Blogger.
 
Top