Panci masak merupakan alat utama bagi para ibu rumah tangga untuk memasak segala jenis makanan. Jenis panci masak pun sangat beragam. Panci masak berbahan aluminium paling sering digunakan oleh para ibu rumah tangga. Panci ini mudah ditemukan di pasar dan dengan harga yang relatif terjangkau. Perawatan panci aluminium juga tidak sulit. Namun, panci jenis ini sangat mudah berubah warna. Seringnya memasak membuat perubahan warna panci. Panci yang pada awalnya berwarna silver, lama kelamaan akan berubah gosong menghitam.

Tidak hanya panci jenis aluminium saja yang harus mendapatkan perhatian ekstra, namun berbagai jenis panci untuk memasak juga harus dirawat dengan benar agar tidak rusak dan berakhir di tempat sampah. Berikut adalah tips membersihkan panci masak sesuai dengan jenisnya:

• Bahan Aluminium
 Jangan rendam panci masak berbahan aluminium dalam jangka waktu yang lama dengan air sabun.
 Untuk mengembalikan warna pada panci aluminum, rendamlah panci dengan air sari jeruk nipis atau pembersih panci lalu panaskan selama 10 menit.

• Bahan Tembaga
 Jika ingin menghindari panci masak menghitam akibat gosong, jangan letakkan panci dalam kondisi api yang besar.
 Saat mencuci, jangan menuangkan sabun pembersih langsung ke dalam panci.tapi, cairkan dengan air lalu gunakan spons untuk membersihkan panci.

• Bahan Stainless Steal
 Panci dengan bahan jenis ini sangat mudah dibersihkan karena anti lengket. Cukup bersihkan dengan spons yang dicampur dengan sabun pembersih.

Tips untuk membersihkan panci masak perlu anda perhatikan agar panci dan alat masak anda yang lain tidak rusak dan tetap awet untuk digunakan. Selamat memasak.

Posting Komentar

digipat.net 2015. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top