Breaking

Tips Menjadi Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja

kuliah sambil kerja

Banyak orang yang menunda niat kuliah dan memilih bekerja terlebih dahulu. Salah satu alasan paling umum mengapa beberapa orang melakukan hal tersebut yaitu karena biaya kuliah yang harus mereka bayar tidaklah sedikit. Setiap awal semester, mereka harus menyiapkan uang jutaan rupiah untuk membayar biaya kuliah. Belum lagi biaya hidup sehari-hari di perantauan juga tidak sedikit. 

Jika memiliki niat yang kuat, Anda sebenarnya tidak perlu menunda kuliah. Pasalnya Anda bisa mengambil kelas karyawan untuk kuliah sambil kerja. Kelas tersebut disesuaikan dengan kondisi karyawan di mana mereka harus bekerja di pagi hari. Oleh sebab itu, perkuliahan biasanya dilakukan di malam hari atau akhir pekan.

Namun menjalankan kuliah serta bekerja secara bersamaan merupakan hal yang sulit dilakukan. Apabila Anda tidak memiliki tekad yang kuat, maka bisa saja salah satu atau bahkan keduanya gagal. Agar perkuliahan maupun pekerjaan berjalan dengan lancar, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti selama kuliah sambil bekerja:

kuliah sambil kerja

Selalu Ingat Komitmen Anda

Menjalani perkuliahan dan pekerjaan sekaligus terkadang akan membuat mental maupun fisik Anda menurun. Ketika hal tersebut terjadi, Anda mungkin akan mencoba mempertimbangkan untuk melepas salah satunya. Jika hal tersebut terjadi maka yang perlu Anda lakukan adalah mengingat komitmen. Ingatlah bahwa perkuliahan sangat penting untuk masa depan, sedangkan pekerjaan bisa membantu Anda membiayai perkuliahan. Dengan mengingat komitmen, maka Anda akan semangat lagi untuk menjalankannya.

Jadikan Pekerjaan dan Perkuliahan Sebagai Prioritas

Tips kuliah sambil kerja selanjutnya yaitu menjadikan pekerjaan maupun perkuliahan sebagai prioritas. Jadi Anda tidak boleh mengabaikan salah satunya. Ketika berada di kampus maka Anda harus fokus pada perkuliahan, begitu pula sebaliknya. Saat menjadikan perkuliahan dan pekerjaan sebagai prioritas maka Anda harus siap untuk kehilangan waktu liburan, nongkrong bersama teman, bahkan waktu istirahat di akhir pekan.


Bijak dalam Manajemen Waktu

Manajemen waktu menjadi poin penting agar bisa menjalankan perkuliahan dan pekerjaan dengan sukses. Namun hal tersebut tentu saja tidak mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Anda harus mampu mengatur waktu antara perkuliahan dan pekerjaan dengan baik dan efisien. Pandai-pandailah membagi waktu antara kuliah, bekerja, liburan, serta istirahat. Jangan mengabaikan waktu istirahat karena penting agar performa kerja dan kuliah tetap terjaga.

Selalu Mengembangkan Diri

Mengembangkan diri merupakan hal yang perlu dilakukan oleh semua orang di berbagai kesempatan. Meskipun memiliki kesibukan yang sangat tinggi, Anda tetap perlu mengembangkan diri menjadi lebih baik. Manfaatkan internet untuk mendapatkan pengalaman yang belum pernah Anda alami sendiri. Saat ini banyak video-video inspiratif yang mungkin bisa membantu Anda lebih semangat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda jalankan jika berniat mengambil kelas karyawan. Selain memiliki tekad dan komitmen yang kuat, kesuksesan Anda juga bergantung pada kampus yang dipilih. IDS Digital College atau STMIK Indo Daya Suvana merupakan kampus terbaik untuk Anda yang ingin kuliah sambil kerja. Program studi yang dihadirkan juga sangat sesuai dengan kebutuhan di era digital seperti sekarang ini.

Ketiga program studi dari IDS Digital College yaitu software engineering atau SE, mobile apps and games development atau MAG, dan cyber security atau CS. Untuk meningkatkan kualitas lulusannya, kampus yang berada di Jakarta Selatan ini juga bekerja sama dengan PSG School of Technology dari India. Jangan sia-siakan kesempatan menjadi mahasiswa IDS Digital College karena ada banyak sekali keuntungannya. Selengkapnya mengenai kelas karyawan yang dihadirkan bisa dilihat sendiri di website resmi kampus yaitu ids.ac.id.

No comments:

Powered by Blogger.