Breaking

Tips Kerja Sambil Kuliah Agar Berjalan Sesuai Rencana

kerja sambil kuliah
Melanjutkan pendidikan sekaligus bekerja merupakan dua hal yang pada dasarnya berat dilakukan secara bersamaan. Meski begitu, faktanya banyak orang yang sukses menjalankan keduanya secara bersamaan. Mereka yang sukses kerja sambil kuliah adalah mereka yang mampu membagi waktu dan memiliki manajemen yang bagus.

Bagi Anda yang ingin sukses menjalankan keduanya, kami akan menjelaskan tipsnya kepada Anda. Simak penjelasan lengkap yang telah kami rangkum berikut ini:

1. Pilih Metode Kuliah yang Mendukung Kerja


Ketika Anda berencana kuliah sambil kerja, maka ritme kegiatan kuliah Anda akan berbeda dari mahasiswa lain. Anda tidak akan bisa memilih kuliah reguler yang mengharuskan Anda berada di kampus dari pagi hingga siang atau sore hari.

Maka dari itu, pilihlah metode yang bisa mendukung kerja Anda. Salah satu pilihan yang tepat adalah dengan memilih kuliah kelas karyawan. Karena, metode tersebut akan mendukung Anda yang ingin kuliah sambil kerja.

2. Pertimbangkan Lokasi Kampus yang Dipilih


Anda akan memiliki dua kepentingan sekaligus. Yaitu kerja dan kuliah. Keduanya akan berjalan dalam waktu yang hampir bersamaan. Untuk mengoptimalkan aktivitas Anda, maka pilihlah kampus yang dekat dengan lokasi kerja Anda nanti.

Survey terlebih dahulu kampus yang menurut Anda sangat dekat dengan tempat kerja. Dengan begitu, Anda tidak akan kelelahan dalam melakukan kedua aktivitas sekaligus.

3. Beritahu Tim atau Atasan Bahwa Anda Sedang Kuliah


Pastikan Anda jujur kepada rekan dan pimpinan kerja bahwa Anda sedang kuliah. Pastikan juga perusahaan Anda mengizinkan dan membuka lowongan bagi para mahasiswa. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan pekerjaan Anda dengan kegiatan kuliah. Pekerjaan Anda pun tidak akan berdampak pada kuliah.

Pastikan Anda memberitahunya di awal pertemuan. Beritahu mereka tentang segala kemungkinan yang mungkin terjadi karena Anda memiliki dua kegiatan secara bersamaan.

4. Disiplin Dalam Mengatur Waktu


Salah satu kunci utama kesuksesan dalam menjalankan keduanya adalah dengan mendisiplinkan diri dalam manajemen waktu. Tugas kuliah yang menumpuk, dan pekerjaan yang terkadang membuat kita pusin, akan menjadi tantangan Anda. 24 jam akan terasa kurang untuk menjalankan keduanya bersamaan.

Aturlah waktu sebaik mungkin ketika menjalankan keduanya. Waktu harus menjadi prioritas penting Anda. Pekerjaan dan kuliah merupakan dua hal yang sulit dijalankan jika kita tidak bisa mengatur waktu seoptimal mungkin.

5. Memilih Jurusan Sesuai dengan Bidang Pekerjaan


Jika kuliah yang direncanakan untuk mendukung karier yang sedang Anda bangun, maka pilihlah jurusan yang sesuai dengan pekerjaan Anda saat ini. Misalnya, jika Anda bekerja di bidang administrasi, maka pilihlah jurusan akuntansi, manajemen, atau administrasi.

Memilih jurusan yang tepat akan membantu Anda dalam menjalankan pendidikan dengan pekerjaan secara bersamaan. Jadi, teori atau ilmu yang Anda dapatkan, bisa langsung diaplikasikan di tempat kerja.

Jenis Pekerjaan yang Cocok Untuk Dilakukan Sambil Kuliah


Ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa Anda pilih. Berikut kami rekomendasikan beberapa di antaranya:

Bekerja sebagai asisten praktikum
Pengajar bimbingan belajar privat
Penerjemah
Jada fotografi dan video editing
Asisten dosen
Jasa desain grafis
Jasa pembuatan website
Sebagai programmer
Tour guide
Jasa delivery makanan
Waiters (pelayanan restoran)
Pramuniaga atau pelayan toko

Nah, itulah beberapa tips seputar kerja sambil kuliah yang wajib Anda ketahui. Melalui tips di atas, kini Anda bisa bekerja sambil kuliah tanpa takut lagi terganggu antara menjalankan pekerjaan dan kuliah. Selain itu, kami juga menjelaskan beberapa pekerjaan yang mungkin bisa Anda pilih untuk mendapatkan uang tambahan pada saat kuliah. Bagi yang ingin kuliah sambil kerja, silahkan akses Ids.ac.id untuk informasi lebih lanjut. 

No comments:

Powered by Blogger.