Breaking

Cara Membedakan Diamond Jewelry Asli atau Palsu

Diamond Jewelry
Bagi pecinta diamond jewellery, penting kiranya mengetahui cara membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Kali ini kami berikan tips sederhana untuk mengetahui apakah berlian yang Anda miliki asli atau palsu. Perhiasan yang paling mewah selain emas, yaitu diamond jewellery. Perhiasan berlian merupakan yang paling diminati oleh kaum wanita. Tidak hanya terkesan mewah, melainkan bisa memperlihatkan status sosial pemiliknya. Tidak heran, jika perhiasan berlian hanya dimiliki oleh seseorang dengan kelas ekonomi menengah ke atas. Mungkin sering Anda dengar, bahwa perhiasan emas ada replika nya (emas KW). Begitu juga pada diamond jewellery, ada pula yang kualitasnya rendah bahkan palsu. 

Untuk menghindari oknum nakal yang memalsukan produk perhiasan berlian, ada baiknya Anda mengetahui tips sederhana untuk membedakan berlian asli dan palsu berikut ini:
Diamond Jewelry
1. Tes Keaslian Berlian dengan Amplas

Anda bisa membeli amplas kasar di toko bangunan terdekat. Gosok berlian dengan amplas kasar tersebut berulang kali. Jika ternyata berlian tersebut mengalami bekas goresan amplas, itu tandanya berlian Anda palsu. Berlian asli, meskipun mengalami benturan atau tergores dengan logam atau benda lainnya yang kasar, akan tetap tampil utuh tanpa adanya bekas goresan.

2. Amati Cincin Berlian dengan Kaca Pembesar
Kaca pembesar yang sering digunakan oleh para kolektor berlian, salah satunya adalah loupe. Kaca pembesar ini memiliki ketajaman yang cukup dalam untuk mendeteksi berlian tersebut asli atau palsu. Jika Anda mengetahui karakteristik berlian asli, tentunya bisa melakukan tes keaslian berlian dengan alat ini. Tetapi, jika Anda masih belum tahu seperti apa berlian asli yang sesungguhnya, kami sarankan untuk meminta bantuan ke pakar berlian yang ahli untuk mengecek nya secara langsung dengan loupe tersebut.

3. Tes Keaslian Berlian dengan Embun atau Uap
Cara sederhana mengamati berlian yang Anda miliki asli atau palsu, yaitu dengan menghembuskan napas dari mulut ke bagian permukaan berlian. Apabila embun atau uap tersebut cepat hilang, itu artinya berlian Anda asli. Mengapa demikian? Karena berlian asli memiliki daya serap panas yang cukup baik. Berbeda dengan berlian palsu. Ketika Anda menghembuskan napas ke permukaan berlian, maka embun atau uap tersebut akan lama hilang dalam beberapa detik. Cara tes keaslian berlian ini cukup sederhana dan tidak memerlukan biaya dan peralatan khusus apapun.

Mengetahui cara membedakan diamond jewellery yang Anda miliki asli atau palsu, dapat dipastikan Anda akan terhindar dari oknum nakal yang memalsukan produk berlian tersebut.

No comments:

Powered by Blogger.