Breaking

5 Faktor Penyebab Utama Terjadinya Kondisi Mata Merah

Mata yang sehat bisa menjadi salah satu indikasi bahwa pada tubuh sedang dalam keadaan prima. Lain lagi jika Anda mendapati mata merah, besar kemungkinan ada yang sedang tidak beres dalam kesehatan Anda. 

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab utama dari kondisi mata kemerahan ini dari sekarang juga. Yuk simak apa saja penyebabnya di bawah ini.

Penyebab Terjadinya Mata Merah

Setidaknya ada 5 faktor utama yang sering mengakibatkan kondisi mata merah ini, adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Dry Eye

Kondisi mata kering atau dry eye bisa memicu timbulnya kondisi mata yang kemerahan, terasa gatal bahkan perih. Biasanya ini diakibatkan oleh terpapar layar gadget terlalu lama, faktor penuaan usia, dan lain sebagainya. 

  1. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi mata kemerahan ini, terutama ketika Anda sering berada di area yang penuh dengan debu, asap rokok, dan polusi udara. 

  1. Faktor Alergi

Mengalami alergi terhadap bulu hewan peliharaan, serbuk sari, dan debu, dapat berpotensi timbulnya kondisi mata yang kemerahan. Biasanya ini juga dibarengi dengan rasa gatal, bengkak, dan mata yang berair. 

  1. Faktor Infeksi 

Terkena infeksi pada area mata bisa memicu timbulnya kemerahan pada mata ini. Yang dimana sumber infeksi mata ini, bisa berasal dari virus, bakteri dan  jamur.

  1. Lensa Kontak

Akibat penggunaan lensa kontak yang tidak sesuai, seperti yang sudah rusak atau kotor, sejatinya dapat menyebabkan mata menjadi terlihat merah. 

Apa Tindakan yang Harus Segera Dilakukan? 

Jika Anda sedang mengalami mata kemerahan ini, maka segera lakukan tindakan sebagai berikut: 

  1. Hindari Mengucek Mata : Mengucek mata yang merah malah akan semakin memperparah kondisi mata Anda

  2. Bilas dengan Air Bersih : Bilas mata kemerahan Anda dengan air yang bersih dengan segera, untuk membantu menghilangkan gejala iritasi pada mata. 

  3. Kompres Dingin : Dengan melakukan kompres dingin pada mata kemerahan, dapat meredakan peradangan serta mengurangi merah pada mata. Lakukan hal ini setidaknya 10 -15 menit lamanya. 

  4. Gunakan Tetes Mata: Gunakan tetes mata Insto yang akan memberikan efek pengurangan warna merah pada mata, sekaligus dapat meredakan gejala iritasi pada mata Anda. 

Kalaupun kondisi mata merah ini tak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter mata terdekat! Semoga bermanfaat!


No comments:

Powered by Blogger.